Masalah & Isu Strategis Desa

31 Januari 2017 19:19:46 WIB

POTENSI DESA GUCIALIT

     Agar tercapai tujuan yang dikehendaki masyarakat maka diperlukan strategi dalam proses pencapaiannya melalui tindakan yang efisien dan efektif, serta berhasil guna maka langkah-langkah yang akan dilaksanakan adalah penciptaan suasana yang kondusif dalam membangun secara bersinergi antar pelaku pendekatan Tri Daya (Daya Lingkungan, Daya Sosial dan Daya Ekonomi) serta partisipasi, transparansi dan ankuntabilitas.

         Sasaran kegiatan yang diinginkan masyarakat Desa Gucialit dalam jangka menengah utamanya peningkatan ketampilan yang sudah ada untuk lebih ditumbuh kembangkan sehingga nantinya dapat menjadi modal utama dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat dimasa depan.

         Pada bidang Lingkungan akan terpenuhinya pembangunan yang berwawasan lingkungan sehat bersih dan indah. Dimana Desa Gucialit sering dikunjungi oleh daerah lain untuk studi banding di bidang Kesehatan , Kebersihan Lingkungan ,dan sanitasi , yang waktu itu Desa Gucialit mendapat juara I Nasional tentang Sanitasi dan kebersihan lingkungan (Melalui Kader Posyandu dan Desa Siaga).

           Pada Bidang Sosial agar tertanganinya kebutuhan masyarakat untuk dapat meningkatkan kejahteraan rumah tangganya, pemenuhan gizi, kesehatan serta pendidikan.

            Dalam bidang Ekonomi masyarakat Desa Gucialit mulai meningkatkan ketrampilan dibidangnya masing-masing, misalnya ternak kambing untuk di ambil susunya, tanam pisang Mas Kirana dan lain sebagainya. Untuk itu harus dipikirkan cara yang tepat agar tercapai tujuan dalam meningkatkan potensi yang ada dan sudah dimiliki. Apabila tidak ada peningkatan atau kemajuan potensi yang sudah ada dikawatirkan kedepan akan kalah bersaing dan mati. Oleh karena itu penyelesaiannya adalah dengan peningkatan kemampuan dan kemauan untuk dapat berkembang di masa depan dengan memberikan pelatihan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan di baidangnya masing-masing.

3.2  Masalah Desa Gucialit

Rencana kegiatan yang disusun berdasarkan pendekatan pembangunan berbasis kebutuhan riil masyarakat menurut skala prioritas kemudian pelaksanaannya direntangkan dalam rencana kegiatan tahunan. Kegiatan dimaksud antara lain :

  1. Lingkungan

-  Pembangunan Kantor yang lebih baik (Pelayanan pada masyarakat)

-  Peningkatan dari jalan makadam ke jalan Rabat Beton

-  Peningkatan jalan makadam menjadi jalan aspal

-  Peningkatan jalan Tanah Menjadi Jalan makadam

-  Pembangunan Gorong-gorong

-  Pembangunan Gedung Posyandu

-  Peningkatan sarana ibadah

-  Penerangan dan keamanan

      2. Sosial

-  Pemberian dan pelayanan kesehatan gratis

-  Angkutan Pasien Gratis (Desa Siaga)

-  Sembako murah

-  Pemugaran Rumah Tidak Layak Huni

-  Bantuan untuk ibu hamil

-  Pemberian biaya dan alat-alat sekolah pada anak SD untuk keluarga

    tidak mampu

       3. Ekonomi

Masyarakat sangat memerlukan pinjaman modal untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga serta meningkatkan ketrampilan di bidang pertanian, peternakan  dan home industri. Maka diperlukan bantuan modal dan pelatihan pelatihan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan meningkatkan Sumber daya manusia untuk menghadapi persaingan hidup yang semakin ketat.

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Gucialit

tampilkan dalam peta lebih besar