Sedekah dan Ruwatan Desa Gucialit Tahun 2019

DESA GUCIALIT 02 April 2019 11:05:23 WIB

Kemarin, 28 - 29 Maret 2019 Desa Gucialit mengadakan rangakaian Acara Sedekah dan Ruwatan Desa.

Acara dimulai pada hari Kamis, 28 Maret 2019 dengan acara Istigosah dan Sholawat bersama yang dihadiri Oleh Pemerintah Desa, RT/ RW, Tokoh agama dan Tokoh Masyarakat.

Dihari Kedua, Jumat tanggal 29 Maret 2019 diawali dengan kegiatan Pemeriksaan Kesehatan Gratis untuk seluruh masyarakat Desa Gucialit yang dalam hal ini Pemerintahan Desa Bekerja sama dengan Puskesmas Kecamatan Gucialit.

Pada siang harinya yang merupakan puncak dari rangkaian acara sedekah dan ruawatan Desa Gucialit dimulai dengan acara seremonial yang dihadiri oleh Camat Gucialit, Kapolsek dan Danramil serta Masyarakat. Acara dibuka pada pukul 13.30 WIB oleh bapak Camat Gucialit, yaitu Bapak Yudhi Prasetiyo Andy Putro, S.STP. Akan tetapi, sebelum acara pembukaan pengunjung disuguhkan dengan tarian- tarian dari anak - anak didik TK diwilayah Desa Gucialit.

Setelah acara seremonial berakhir dilanjutkan dengan acara Grebeg Tumpeng Hasil Bumi yang dalam hal ini Tumpeng dibuat Oleh masing - masing Dusun, Tumpeng Hasil Bumi ini merupakan wujud Syukur Masyarakat Desa Gucialit terhadap apa yang diberikan Sang Pencipta. Acara disambung dengan penampilan reog dan Kesenian Ujung, disini sangat terlihat sekali bahwa antusias masyarakat sangat besar sekali terbukti dengan jumlah pengunjung yang sangat padat dan memenuhi Sepanjang jalan Kantor Desa Gucialit. Disamping itu, karena ini merupakan acara Sedekah Desa yang identik dengan makanan Khas Tape Ketan dan Tetel jadi disini Panita juga menyediakan ±3000 bungkus Tape Ketan dan Tetel Gratis dite stand - stand yang telah disediakan Bagi Semua Pengunjung. Stand - stand bukan cuma berisi Tape dan tetel Gratis tapi juga diisi Oleh UMKM yang ada Desa Gucialit, antara Lain UMKM SAM, GUESSA, UPPKS, Khan Art Studio dan Kedai Gucialit yang menyediakan ‡300 gelas kopi gratis bagi semua pengunjung.

Kemudian Acara Dilanjutkan dengan Prosesi Ruwatan Desa pada Pukul 15.30 WIB, di acara ruwatan ini bertujuan agar supaya Desa Gucialit terhindar dari segala Bahaya dan bencana serta senantiasa masyarakatnya makmur, sejahteran dan rukun.

Dimalam hari acara dilanjutkan dengan pentas Seni yang berupa kesenian rakyat dari masing - masing Dusun serta RT / RW, pada acara ini dihadiri oleh Bapak Bupati Lumajang yakni H. Thoriqul Haq, M.ML atau yang akrab dipanggil Cak toriq, Beliau disini menyampaikan terkait program - program dibidang Pendidikan, Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial dan setelah itu Beliau Juga menyerahkan Wayang secara simbolis kepada Dalang Ki Salam sebagai akan dimulainya acara Pagelaran  Wayang Kulit Semalam Suntuk di Acara Sedekah dan Ruwatan Desa Gucialit.

Acara Sedekah dan Ruwatan Desa Gucialit berjalan lancar dan sukses berkat dukungan dari berbagi pihak terutama yang paling penting adalah dukungan dari Seluruh Masyarakat Desa Gucialit.

Untuk melihat lebih banyak foto Terkait Sedekah dan Ruwatan Desa silahkan Klik Link dibawah ini :

http://gucialit-gucialit.lumajangkab.go.id/index.php/first/gallery

 

 

Dokumen Lampiran : Sedekah dan Ruwatan Desa Gucialit Tahun 2019


Komentar atas Sedekah dan Ruwatan Desa Gucialit Tahun 2019

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Gucialit

tampilkan dalam peta lebih besar