Penerimaan Hadiah Lomba Desa Berseri Kategori Madya Tingkat Kabupaten untuk Desa Gucialit

DESA GUCIALIT 08 Agustus 2018 11:03:23 WIB

Penerimaan Hadiah Lomba Desa Berseri Kategori Madya Tingkat Kabupaten untuk Desa Gucialit

 

Dalam rangka untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Tahun 2018 ini tepatnya dipemandian Alam Tirtosari Desa Penanggal Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang , dengan Tema Hari Lingkungan hidup tahun ini adalah: "Kendalikan Sampah Plastik".

Desa Gucialit tidak lupa untuk menghadiri hari besar ini selain untuk ikut mengikuti acara Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini Gucialit juga hadir untuk menerima hadiah atas kemenangannya dari Lomba Desa Berseri Kategori Madya tingkat Kabupaten, Acara ini di hadiri oleh Bapak dan Ibu Bupati Lumajang dengan beberapa pidatonya sebagai berikut :

Bupati Lumajang, Drs. As'at, M.Ag.,dalam mengingatkan kepada masyarakat untuk hati - hati terkait dampak buruk penggunaan kemasan plastik. Hal itu, disampaikannya pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup se dunia tahun 2018, di Pemandian Alam Tirtosari, Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Selasa (31/7)

Masih menurut Bupati, namun implementasinya justru lebih banyak dilaksanakan di kota, karena wilayah kota memberikan pengaruh yang cukup besar penggunaan kemasan plastik. "Semangatnya di Penanggal, tapi pelaksanaanya juga di kota, karena penggunaan plastik lebih banyak di perkotaan", ujarnya

Lebih lanjut Bupati menambahkan, meminta agar Dinas Lingkungan Hidup lebih memperhatikan bank-bank sampah yang ada di Kabupaten Lumajang. "Ini harus menjadi penyemangat, mari kita tularkan kepada masyarakat.  Kedepan Dinas Lingkungan Hidup harus lebih memperhatikan bank-bank sampah", Imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Lumajang, Drs. Yos Sudarso, MM., melaporkan bahwa Peringatan Hari Lingkungan Hidup merupakan sebuah kampanye pelestarian lingkungan hidup yang diperingati setiap tanggal 5 juni. Ditetapkannya hari lingkungan hidup se dunia bertujuan untuk mengajak masyarakat dunia melakukan aksi meningkatkan kesadarannya mendorong dan mendukung pelestarian lingkungan hidup.

Oleh karena itu, dalam peringatan hari lingkungan hidup se dunia tahun 2018, Pemkab. Lumajang melalui Dinas Lingkungan Hidup Kab. Lumajang memberikan kesempatan kepada seluruh pihak untuk terlibat dalam aksi pelestarian lingkungan hidup.  Ini juga untuk menggugah kembali kesadaran semua pihak. Ditegaskan, bahwa pengelolaan lingkungan hidup merupakan tanggung jawab bersama guna menjalin kemitraan dengan berbagai pihak, untuk meningkatkan kesadaran mengurangi dan mengendalikan penggunaan sampah plastik. Nampaknya bukan kegiatan itu saja, tapi juga dilakukan tebar benih ikan nila dan tanam ratusan pohon. Adapun jenis   yang ditanam meliputi manggis, sakura jawa, sirsat, mahoni oleh Forkopimda, Saka Kalpataru Lumajang, serta masyarakat umum ,

Dalam penilaian Desa Berseri ini poin penting yang mendominasi penilaian adalah tata cara pengolahan sampah yang benar. Sampah harus dipilah sesuai kategorinya. Setelah dipilah-pilah maka sampah harus dikelola sesuai jenisnya. Sampah organik didaur ulang untuk menghasilkan pupuk kompos. Sedangkan sampah anorganik dipilah sesuai jenisnya dan dibedakan antara yang dapat didaur ulang dengan yang tidak. Sampah anorganik bisa diproses ulang di pabrik atau dijadikan kerajinan yang dapat dipakai sendiri ataupun dijual. Proses pemilahan sampah anorganik ini dilakukan oleh masyarakat melalui Bank Sampah. Sedangkan proses pemilahan antara sampah organik dan anorganik dilakukan di rumah masing–masing warga. Apabila masing-masing rumah dapat memilah sampahnya sendiri, maka proses mendaur ulang sampah anorganik akan mudah.

Komentar atas Penerimaan Hadiah Lomba Desa Berseri Kategori Madya Tingkat Kabupaten untuk Desa Gucialit

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Gucialit

tampilkan dalam peta lebih besar