Penilaian Lomba Desa Berseri Tingkat Propinsi

DESA GUCIALIT 10 Oktober 2017 10:16:17 WIB

Desa berseri merupakankegiatan untuk memacu pengelolaan lingkungan yang berbasis partisi[asi pemerinthaan kelurahan beserta aparaturnya dan masyarakatyang di dukung oleh kader lingkungan . program ini merupakan salah satu program Pemerintah Propinsi Jawa Timurdi bidang Lingkungan hidup dalam rangka mendorong terciptanya kesadaran warga dan menambah pengetahuan serta wawasan masyarakat dalam upaya pelestarian lingkungan hidup sehingga dapat terwujud kelurahan yang bersih, sehat, lestari dan asri .

Dapaun kreteria penilaian dan prosentase masing-masing komponen pda lomba yaitu:

  1. Kelembagaan dan partisipasi masyarakat, penilaian pada pembentukan kelembagaan dan pemberdayaan masyarakat , program kerja kader dalam bidang lingkungan, akasi provokasi lingkungan dalam meningkatkan lingkungan yang berseri , menguatkan kelembagaan/capacity building , pembiasaan perilaku yang berbudaya.
  2. Pengelollaan sumber daya alam, pengelolaan ini upaya keterlibatan masyarakat dalam ikut menjaga dan melestarikan sumberdaya alam, upaya penghematan sumber daya alam , peraturan tertulis dan tidak tertulis tentang penyelamatan sumber daya alam, upaya penyelamatan sumber daya alam di desa , pemakaian teknologi yang ramah lingkungan dalam upaya penyelamatan alam.
  3. Penyampaian materi desa berseri yang meliputi profil-profil desa , kegiatan lingkungan, program kerja kader lingkungan serta inovasi-inovasi yang di lakukan oleh warga di bidang lingkungan.

Desa gucialit menjadi perwakilan lomba desa berseri pada tahun 2017 kategori Provensi karena menindak lanjuti dari juara desa berseri tahun lalu, Lomba ini di letakkan di kawasan perumahan pabrik Teh kertowono Gucialit di gedung posyandu Camelia  , Acara di mulai pada pagi hari kekitar pukul 08.00 WIB, dengan di sambut oleh kesenian ujung di jalan depan gedung pelaksanaan penilaian berlangsung.

Terlihat bukan hanya juri yang antusias menonton kesenian ini namun beberapa warga juga berdatangan guna menyaksikan acara yang sedang berlangsung, setelah para juri menikmati kesenian ujung , saat tiba di gedungpenilaian mereka di suguhi penampilah tari remo oleh warga sekitar dan di lanjut penampilan dari para kader desa berseri yang menyanyikan lagu bertema desa berseri dan cara-cara mereka menyulap sampah menjadi barang pakai yang bernilai ekonomis seperti beberapa lirik ini “bimsalabim abracadabra, daun-daun, kertas-kertas, plastic bekas barang bekas, ku sulap kau jadi berang berguna”, lirik ini terdengar menarik karna di nyanyikan dengan sungguh-sungguh dan dengan beberapa gerak tari .

Setelah acara penyambutan selesai, di lanjut dengan sambutan-sambutan oleh Bpk. Camat , Bpk.Kepala Desa , dan Ibu. Ketua Kader Desa Berseri , dalam inti dari sambutan mereka adalah mengucapkan banyak terima kasih ada kedatangan para penilai dan untuk para tamu undangan, selain itu juga mereka juga menjelaskan profil tugas-tugas mereka masing-masing . Sambutan selanjutnya di isi oleh juri yang menjelaskan tentang profil pribadinya dan informasi-informasi mengenai penilaian lomba Desa Berseri, setelah sambutan selesai seluruh juri mulai menilai lingkungan dengan berjalan kaki, saat melakukan penilaian mereka juga di suguhi penampilah dari kesenian jaran kepang .

Para juri menilai lingkungan sekitar rumah, menilai lingkungan rumah, pemanfaatan lahan kosong di sekitar rumah, penanaman tanaman sayur dan buah di sekitar rumah dan kebersihan desa berseri .

Setelah menilai lingkungan rumah, para juri kemudian melilai tempat karya dari olahan barang bekas dan sampah, kemudian kembali ke gedung penilaian dan menyampaikan pesan dan kesan melakukan penilaian di desa Gucialit, Selang beberapa bulan dari penilaian itu berlangsung, Gucialit mendapatkan kabar gembira karena telah mendapatkan hasil yang memuaskan dengan Berjaya dan mendapat juara dari penilaian Desa Berseri , Piagam kejuaraan di serahkan langsung oleh Bpk. Bupati Lumajang ke pada Bpk.Kepala Desa Gucialit.

Komentar atas Penilaian Lomba Desa Berseri Tingkat Propinsi

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Gucialit

tampilkan dalam peta lebih besar