UKM Sido Agung Gucialit

DESA GUCIALIT 10 Oktober 2017 09:03:43 WIB

UKM merupakan bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarakan inisiatif seseorang. Sebagian besar masyarakat beranggapan bahwa UKM hanya menguntungkan pihak-pihak tertentu , padahal UKM sangat berperan dalam mengurangi tinggakt pengangguran yang ada di Indonesia. UKM dapat menyerap banyak tenaga kerja Indonesia yang masih menjadi pengangguran, Selain itu UKM telah berkontribusi pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia.

UKM sangat memegang peran yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia , selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru , UKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis moneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya.

 

UKM juga memanfaatkan sebagai sumber daya alam yang berpotensi di suatu daerah yang belum di olah secara komersial. UKM dapat membatu mengelolah Sumber Daya Alam yang ada di setiap daerah. Hal ini berkontribusi besar terhadapat pendapatan daerah aupun pendapatan Negara Indonesia .

Selain itu UKM juga dapat mengetahui berapa besar keuntungan yang diperoleh apabila kita di membuka sebuah usaha kecil dan menengah, dan kita dapat mengetahui cara mengelola usaha kecil dan menengah dengan baik, sehingga memperoleh laba yang cukup besar  untuk membangun sebuah usaha awal.

Gucialit memilik kelompok UKM yang telah bergabung kurang lebih 1 tahunan, dengan memilik nama yaitu UKM SIDOAGUNG , dengan berkonsep seperti yang telah di jelaskan pada paragrap di atas UKM ini didirikan di kelompok desa Gucialit Dusun Sidorukun, saat ini anggotanya masih berjumlah 23 orang yang tersebar di masing-masing RT sedusun Sidorukun , untuk hasil produksi yang di peroleh yaitu, Kprik pisang, kripik talas, kembang gula,stik talas dan masih di kembangkan lagi produk-produk yang baru. Sedangkan pemasarannya masih sistem titip ke toko sewilayah Gucialit, melayani pemesanan dalam jumlah banyak kemudian juga UKM ini aktif mengikuti pameeran-pameran yang di infokan oleh DISNAKER Kabupaten Lumajang.

Sedangkan untuk pendanaan kelompok UKM Sidoagung telah mendapatkan bantuan dari Pemerintah berupa peralatan produksi seperti wajan, kompor , spiner dll yang di gunakan untuk membantu dalam memproduksi sumua produk yang di buat. Kelompok ini di ketuai oleh ibu Narmi yang tinggal di perumahan Kampung Baru Sidorukun.

Untuk modal dalam usaha mereka masih menggunakan dana pribadi masing-masing dan sekarang masih mengajukan laporan untuk bantuan dana. Sebenarnya ada macam-macam pendanaan yang dapat di lakukan selain pengajuan yakni menjalin suatu kerja sama dengan investor namun kini masih belum di lakukan karena masih belum mendapatkan pengarahan cara menjalin hubungan dengan investor-investor yang ada.

UKM Sidoagung juga menjalin hubungan kerja dengan Bank Sampah Guessa Gucialit dalam memasarkan produk-produknya , misalnya dalam beberapa kegiatan seperti pameran atau beberapa peringatan hari-hari besar yang di selenggarakan dengan acara-acara yang dapat menarik perhatian masyarakat ,ini di rasa akan saling menguntungkan antara bank sampah, dan UKM Sidoagung.

 Untuk Pemesanan Produk - Produk Sido Agung silahkan hubungi Kontak dibawah ini :

NARMI (SMS/Telp. : 085213946049)

 

 

 

 

 

 

Komentar atas UKM Sido Agung Gucialit

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Gucialit

tampilkan dalam peta lebih besar