Sande Jamur Tiram

DESA GUCIALIT 10 Oktober 2017 08:53:20 WIB

Jamur Tiram (Pleurotus ostreatus), adalah jamur pangan dari kelompok Basidiomycota dan termasuk kelas Homobasidiomycetes dengan ciri-citi umun tubuh buah berwarna putih hingga cream dan tudungnya berbentu setengah lingkaran mirip cangkir, Jamur ini masih satu kerabat dengan Pleurotus eringil dan sering di kenal dengan sebutan King Oyster Mushroom.

H jamur tiram memiliki tangkai yang tumbuh menyamping dan berbentuk seperti tiram sehingga jamur tiram mempunyai nama binomial Pleorotus ostreatus. Bagian tudung jamur tersebut berubah warna dari hitam , abu-abu hingga menjadi putih dengan permukaan yang hamper lamcip , berdiameter 5-20 cm yang bertepi tudung mulus sedikit berlekuk ,selain itu jamur tiram juga memiliki spora berbentuk batang

Di alam bebas , jamur tiram bisa tumbuh dan di jumpai di hampir sepanjang tahun di hutan pegunungan daerah yang sejuk . tubuh buah yang saling bertumpukan di permukaan batang phon yang sudah di tebang ini karena jamur tiram adalah salah satu jenis jamur kayu , untuk itu saat ingin membudidayakan jamur ini subtract yang di buat harus memperhatikan kondisi alam aslinya. Media yang umum di pakai untuk membiakkan jamur tiram adalah serbuk gergaji kayu yang merupakan limbah dari pemotongan kayu.

Jamur Tiram di daerah Gucialit dapat dengan mudah di temukan tidak perlu ke hutan atau mencari-cari di sekitar pohon yang tumbang, cukup datang ke Dusun Sidomakmur Gucialit di rumah keluarga Bpk.PIPIT, mereka menyediakan Jamur Tiram yang sudah siap untuk di konsumsi, karena mereka membuka usaha pembiakan jamur Tiram yang di beri nama SANDE , melihat kondisi alam gucialit yang cocok untuk pembiakan jamur tiram Bpk Pipit berusa untuk menciptakan usaha yang sangat menguntungkan selain itu beliau juga berusaha memenuhi permintaan jamur tiram di wilayah Gucialit, selain untuk memenuhi kebutuhan jamur di Gucialit kini beliau telah memasarkannya ke luar daerah Gucialit bahkan sampai ke kota Lumajang.

Selain jamur tiram ASNDE untuk memenuhi permintaan jamur konsumsi , mereka juga menciptakan peluang pekerjaan bagi orang-orang di sekitar, terlihat sudah lumayan banyak orang yang bekerja disana.

Pada umumnya jamur tiram mengalami dua tipe perkembang biakan siklus hidupnya,yakni secara aseksual maupun seksual. Seperti halnya reproduksi aseksual pada jamur , mereka bereproduksi dengan melalui jalur spora yang terbentuk secara endogen pada kantung spora , Sedangkan untuk jalur seksual melalui penyatuan dua jenis hifa yang bertindak sebagai gamet jantan dan betina membentuk zigot yang kemudian tumbuh menjadi primodia dewasa

 

 

Berdasarkan penelitian Sunan Pongsamart biochemistry, Faculty of Universitas Chulangkorn, jamur tiram memiliki protein , air, kalori, karbohidrat dan sisanya berupa serat zat besi ,kalsium vitamin B , Vitamin B2 dan Vitamin C. jamur tiram merupakan bahan makan bernutrisi dengan kandungan protein tinggi , kaya vitamin dan mineral , rendah karbohidrat ,lemak dan kalori. Jamur ini memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin , fosfor, besi, dan kalsium, untuk kandungan proteinnya lumyan cukup tinggi , yaitu sekitar 10,5-30,3%.

Komposisi dan kandungan nutrisi setiap 100 gram jamur tiram adalah 367 kalori , kalori jernih yang terkandung dalam jamur adalah 100kj\100 gram , dengan 72 persen lemak tak jenuh , kemudian serat pada jamur sangat baik untuk pencernaan, kandungan seratnya mencapai 7,4-24,6 persen sehingga sangat cocok untuk pelaku diet. Untuk lemak pada jamur sangat aman di konsumsi penderita kelebihan kolesteroln maupun agangguan metabolisme lipid lainnya.

Adapula manfaat yang dapat di ambil dari jamur tiram di antaranya itu :

  1. Menurunkan kolesterol
  2. Anti bacterial dan anti tumor
  3. Penghasil enzim hidrolisis dan enzim oksidasi
  4. Pembunuh nematode
  5. Mecegah penyakit lever
  6. Mencegah penyakit diabetes
  7. Mencegah penyakit anemia
  8. Anti kanker
  9. Membantu menurunkan berat badan.

Dan masih banyak lagi mafaat-manfaat yang dapat di ambil dari menkonsumsi jamur tiram.

Untuk pemesanan silahkan hubungi Kontak ini :

FIFIT YULDAN (WA/Telp./SMS) : 081249520770

 

Komentar atas Sande Jamur Tiram

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Gucialit

tampilkan dalam peta lebih besar